• Terbaru

    Saturday 7 January 2017

    Bagaimana Cara Untuk Berhenti Merokok

    Berhenti merokok termasuk salah satu cara untuk kembali pada hidup yang sehat, hidup yang normal seperti kebanyakan orang. Namun di indonesia sendiri perokok bukan berasal dari orang-orang dewasa saja banyak juga anak-anak kecil yang masih bersekolah sudah menjadi perokok aktif. 

    Memang miris apa yang terjadi saat ini, kebiasan buruk masyarakat kita ini sudah terjadi sejak lama dan sulit untuk menghilangkan nya.
    Sekarang pertanyaan nya apa bisa untuk berhenti dan bagaimana cara nya apalagi sudah menjadi perokok aktif yang sudah lama? tentu saja jawaban nya "Bisa'' dengan adanya niat dan cobalah melakukan beberapa cara dan tips sebagai berikut.


    #1. Berniat dan sungguh-sungguh

    Seperti yang saya singgung di atas berniat. Niat adalah kunci segala sesuatu apa yang ingin kita wujudkan termasuk berniat untuk berhenti merokok, disamping berniat kita juga harus menegaskan diri untuk besungguh-sungguh agar segera berhenti merokok.

    #2. Kurangi secara bertahap

    Untuk berhenti merokok bukanlah hal yang mudah dilakukan apalagi bagi perokok yang sudah lama, caranya coba lakukan hal ini. 

    Jika dalam sehari biasa nya menghabisakan satu bungkus rokok mulailah untuk mengurangi nya seperti hanya menghabiskan beberapa batang saja dalam sehari, dan begitu seterus nya semakin dikurangi. 

    #3. Jangan terpengaruh sama pergaulan

    Tidak jarang beberapa masyarakat menjadikan rokok sebagai kewajiban dan lebih penting dari pada makanan, hal ini tentu saja berdampak buruk bagi lingkungan sekitar. Namun bagi Anda yang sudah berniat untuk berhenti merokok coba lakukan hal ini.

    Jika dalam pergaulan sekitar Anda yang sebagian besar adalah perokok, sebaiknya jangan sering-sering berkumpul dan jika memang ada teman yang mengejek karena Anda mau berhenti merokok, acuhkan saja. 

    Ada nggapan yang salah di masyarakat kita kalau pria yang tidak merokok berarti bukan cowok. Saran saya kalau ada yang bilang seperti itu Anda acuhkan saja dan jangan terpengaruh.

    4. Cari kesibukan lain

    Cara seperti ini terbilang cukup efektif untuk melupakan rokok. Jika Anda bekerja dari pagi sampe sore hari tentu sangat mendukung untuk berhenti merokok dikarenakan kesibukan, tapi bagaimana dengan waktu rehat atau waktu luang kita apakah bisa tahan untuk tidak merokok.

    Coba isi di waktu luang Anda untuk beristirahat dengan penuh sekaligus untuk menjaga kesehatan, atau bisa dengan berolahraga seperti bermain futsal dengan teman, berbincang-bincang dengan keluarga, melakukan pekerjaan rumah, dan masih banyak lagi kesibukan lain dengan tujuan untuk menghindari rokok.

    #5. Selalu Mengingat Dampak Merokok

    Ingatkan terus pada diri Anda bahwa efek yang di timbulkan pada rokok sangat menakutkan dengan memperbesar mengingat "Horor" tentang dampak yang di timbulkan rokok pada kesehatan.

    Banyak orang yang meninggal setiap harinya karena kebiasaan merokok tersebut. Menurut data World Health Organization (WHO) tahun 2014, epidemi tembakau telah membunuh sekitar 6 juta orang pertahun, 600 ribu di antaranya merupakan perokok pasif.

    Bisa kita bayangkan betapa mengerikan dampak nya, perokok pasif saja bisa menjadi korban.

    Baca juga Ini Cara Cristiano Ronaldo Agar Tetap Bugar Dan Berprestasi

    #6. Berkonsultasi Pada Dokter

    Langkah seperti ini juga sangat membantu kita agar cepat berhenti merokok.
    Bila segala upaya sudah dilakukan dan Anda masih belum bisa sepenuhnya berhenti walaupun sudah mengurangi, cobalah untuk berkonsultasi kepada ahli nya seperti dokter ahli kesehatan agar mendapatkan saran dan bisa bebas dari yang namanya rokok.

    Satu hal lagi yang bisa Anda lakukan selain berkonsultasi ke dokter, Anda juga bisa bertanya-tanya dan meminta tips pada teman atau keluarga yang sudah menjadi "mantan" pecandu rokok.



    Di luar sana masih banyak lagi hal-hal yang bisa dilakukan supaya bisa berhenti merokok, dan pasti harus dengan niat yang sungguh-sungguh.

    Cara dan tips di atas bisa Anda terapkan dalam melakukan program untuk berhenti merokok. Semoga berhasil dan bermanfaat, Terimakasih.


    Baca juga  Bagaimana Cara Hidup Sehat

    No comments:

    Post a Comment

    Labels

    Kontak Saya

    Name

    Email *

    Message *