• Terbaru

    Saturday 14 January 2017

    Penyebab mood cepat berubah dan cara mengatasinya

    Ketidakstabilan hormon pada tubuh yang berubah-ubah ketika suasana hati tidak menentu adalah salah satu penyebab mood yang cepat berubah, misalnya saat ini dia sedang sedih namun beberapa saat kemudian ceria kembali.



    Tapi taukah kamu bahwa penyebab mood yang mudah sekali berubah bukan hanya pada hormon saja melainkan adanya penyebab lain seperti berikut.

    Kurang tidur


    Kurang tidur juga bisa menjadi penyebab mood yang cepat berubah seperti sulit nya berkonsentrasi dengan pekerjaan, lalu ketika itu juga menjadi marah-marah gak jelas disebabkan ngantuk karena kurang nya tidur.


    Bila hari ini Anda merasa mudah marah-marah coba ingat berapa lama waktu Anda tidur semalam.


    Banyak meminum kopi


    Rata-rata bagi orang yang suka minum kopi adalah 1-2 gelas perhari, kebiasaan ini bisa menjadikan mood nya baik-baik saja. Lalu kenapa ada yang bisa berubah mood karena kopi?


    Kesanggupan orang berbeda-beda terhadap gula dan kafein seperti kandungan pada kopi, ada juga orang yang meminum kopi 1-2 gelas perhari menjadi gelisah dan jantung nya berdebar-debar. Ini juga bisa menjadi pemicu suasana hati yang berubah-ubah.


    Jadi kalau hari ini Anda merasa mood nya cepat dan mudah berubah coba di ingat berapa gelas Anda minum kopi hari ini, bisa jadi ini penyebabnya.


    Memakai narkoba/mengkonsumsi alkohol


    Zat semacam kokain atau methamphetamine yang ada pada narkoba, ini sangat besar pengaruhnya bagi suasan hati.


    Tak jarang kita mendengar alasan bagi pengguna narkoba atau pecandu alkohol ialah karena masalah hidup yang tidak bisa di hadapinya, dengan mengkonsumsi narkoba maka hati akan menjadi gembira dan seketika itu juga bisa berubah menjadi sedih dan depresi.


    Hubungan asmara yang labil


    putus nyambungnya hubungan dapat juga merubah suasana hati. Ketika saat ini dia sedang diam dan tiba-tiba menjadi ceria dapat di pastikan bahwa hubungan dengan pasangan nya sedang baik-baik saja.


    Tapi bila saat ini dia sedang diam lalu menjadi marah-marah dengan muka yang cemberut dan sedih maka sudah di pastikan hubungan dengan pasangan nya tidak baik-baik saja, hehehe.


    Rata-rata mood yang cepat berubah pada remaja adalah karena hubungan asmaranya, namun tidak semuanya juga seperti itu. Jadi jika hari ini Anda marah-marah coba di ingat ada apa dengan pasangan Anda, hehehe.


    Baca juga Apa saja kandungan gizi dan manfaat buah pisang

    Dari ke 4 penjelasan di atas adalah salah satu contoh mudahnya mood yang cepat berubah, bila dari contoh di atas bukan penyebab dari mood Anda yang mudah berubah sebaiknya langsung saja mengatasinya dengan cara ini.

    Banyak minum air putih

    banyak minum air putih

    Sudah kita tahu bahwa minum air putih 7-8 gelas per hari sangatlah di anjurkan dan sangat baik bagi tubuh, di bandingkan meminum air yang manis yang dapat juga berpengaruh pada suasan hati, seperti kopi.

    Olahraga



    Olahraga adalah bentuk dari segala kesehatan, tidak hanya menyehatkan dan menjadikan tubuh tetap fit, olahraga juga dapat memberi kebaikan dan kesehatan pada psikologi kita.

    Lakukan hobby



    Untuk menjaga suasan hati agar tetap stabil adalah dengan melakukan hobby yang kita senangi. Melakukan hobby dapat menghilangkan stres, beban pikiran dan menghadapi hidup lebih bijak lagi.

    Selalu positif



    Saat suasana hati dalam keadaan yang tak menentu cobalah untuk selalu positif dalam melakukan hal apapun seperti bekerja, dll. Cara selalu positif selain untuk mengatasi masalah mood, dapat juga memberi energi pada kesehatan dan psikologi.

    Bagi Anda yang sedang mengalami masalah mood coba lakukan cara di atas, dan mudah-mudahan dapat membantu.

    Masalah mood dapat di atasi jika kita tahu dahulu apa penyebabnya, semoga bermanfaat dan terimakasih.

    3 comments:

    Labels

    Kontak Saya

    Name

    Email *

    Message *