• Terbaru

    Tuesday 10 January 2017

    Penyebab Dan Cara Mengatasi Demam

    Penyebab tubuh menjadi demam

    Saat suhu tubuh seorang mencapai 38° C atau lebih maka saat itulah bisa dikatakan orang itu sedang sakit/demam.

    Temperatur tubuh seseorang memang bisa berubah-ubah. Penelitian menunjukkan pukul 3-5 pagi serta jam 1-4 sore, tubuh akan memiliki suhu lebih rendah sehingga orang merasa dingin meskipun suhu disekitarnya sama.

    Rata-rata suhu tubuh normal ketika di pagi sampai siang hari sekitar 36° C dan di waktu siang sampai sore hari suhu tubuh berada di titik 37.6° C dan akan bisa naik 0.6° C, apabila telah melakukan aktivitas seperti olahraga di waktu yang panas.


    Dengan kondisi seperti itu bukan tidak mungkin akan mudah terjadi nya demam. Demam adalah peningkatan suhu tubuh dalam tingkat yang sepenuhnya terkendali oleh sistem pengaturan suhu tubuh.

    Demam ringan biasanya akan sembuh dalam beberapa hari dan tidak terlalu membutuhkan perawatan yang serius. Namun bila demam sudah pada tahap tertentu pastinya akan membutuhkan perawatan yang lebih lanjut.

    Ciri-ciri demam sendiri setidaknya seperti berikut ini.
    • Badan terasa sakit dan pegal
    • Menggigil atau gemetar
    • Tubuh menjadi lemah
    • Jantung berdebar
    • Hidung mampet
    • Kepala pusing
    • Panas dingin
    • Batuk
    • Flu
    • dll.

    Penyebab demam sendiri ada banyak, seperti tubuh kekurangan nutrisi, cuaca yang sangat panas, kurang tidur atau sering bergadang, keracunan makanan, tertular dari orang lain, dan masih banyak lagi penyebabnya yang terkadang kita tidak mengetahuinya.

    Namun biasanya kebanyakan orang sakit demam di akibatkan karena cuaca yang tak menentu, misalnya di waktu pagi sampai siang cuaca cerah namun tiba-tiba di waktu sore turun hujan yang deras, di tambah lagi dengan kondisi tubuh yang lelah karena aktivitas kerja seharian.

    Dalam keadaan seperti itu orang sangat rentan terserang penyakit salah satu nya ialah flu sebagai ciri-ciri akan terjadinya demam. Namun tidak semua orang mudah terserang dan rentan terhadap penyakit karena tergantung juga dari kondisi ketahanan tubuhnya.

    Cara mengatasi demam

    Bila kita sudah mengetahui dan memahami penyebab demam seperti apa yang sudah di singgung di atas, berarti sekarang harus memahami juga bagaimana cara mengatasinya.

    Saat terbaring sakit apa yang bisa kita lakukan, tidak ada yang bisa kita lakukan kecuali hanya berdoa agar cepat sembuh dan bisa beraktivitas seperti biasa lagi. 

    Dan juga sebaiknya saat demam kita jangan terlalu panik, karena di khawatirkan akan memberi obat-obatan yang salah sehingga menjadikan kondisi tubuh semakin memburuk.

    Kalau sudah terlanjur demam dan tidak bisa dicegah lagi, cobalah untuk berdoa dan lakukan tips sebagai berikut ini.

    #1. Istirahat dengan penuh

    Salah satu mengatasi demam adalah jangan memaksakan diri untuk melakukan aktivitas seperti bekerja, bersekolah atau berolahraga, terkecuali masih sanggup dan tidak merasa terlalu di bebani oleh demam tersebut.

    #2. Mandi menggunakan air hangat

    Sudah jelas saat demam kita tidak bisa menyentuh air dingin, karena sudah dapat dipastikan tubuh akan menjadi semakin menggigil dan suhu tubuh akan ikut naik. Saat demam sangat dianjurkan ketika mandi menggunakana air hangat kukuh.

    #3. Jangan bungkus tubuh terlalu tebal

    Maksud dari arti "bungkus tubuh" ialah jangan terlalu menggunakan pakaian yang sangat tebal lalu ditambah dengan selimut yang tebal pula, cara ini tidak dianjurkan karena dapat membuat tubuh menjadi kejang-kejang terutama pada anak-anak.

    Saat demam suhu tubuh mencapai 38° C bahkan lebih, jika ditambah dengan menggunakan pakaian dan selimut yang terlalu tebal sudah pasti suhu tubuh akan bertambah naik yang dapat menimbulkan kejang-kejang.

    Kejang pada dasarnya terjadi karena adanya kontraksi otot yang kuat dan tidak terkendali, kejang juga tidak menutup kemungkinan dapat menyerang orang dewasa.

    #4. Kompres dengan air hangat

    Sering orang melakukan kesalahan ketika menangani demam dengan menggunakan cara kompres memakai air es, dengan harapan dapat cepat sembuh dan segera menurunkan panas.

    Memang menggunakan kompres menggunakan es dapat menurunkan panas, namun setelah itu suhu tubuh akan menguap kembali dan panas suhu tubuh akan lebih dari sebelum nya.

    Ketika demam tubuh terasa panas dan kedinginan, namun pusat pengatur suhu dalam tubuh menerima informasi bahwa tubuh dalam keadaan hangat, jika di kompres menggunakan air hangat, maka pusat pengatur suhu tubuh menerima informasi bahwa suhu tubuh perlu di turunkan.

    Mengkompres juga bukan hanya di bagian kepala saja namun seluruh bagian pada tubuh.

    #5. Minum air putih yang banyak

    Minum air putih yang banyak bukan hanya pada saat sedang sakit atau demam saja namun pada saat sehat juga agar tubuh tetap sehat dan terjaga, seperti pada artikel saya sebelumnya Bagaimana Cara Hidup Sehat.

    Pakar kesehatan telah membuktikan bahwa minum air 7-8 gelas perhari dapat menjaga tubuh dari serangan bakteri atau zat-zat kotor yang ada di dalam tubuh.

    Bagaimana cara air putih menjaga kesehatan tubuh, yakni ketika kita sedang melakukan buang air kecil, bakteri dan zat-zat kotor akan keluar secara bersamaan ketika melakukan buang air kecil dan tentu tubuh akan terhindar dari penyakit.

    Dalam keadaan demam, minum air putih yang banyak bukan hanya membuang bakteri dan zat-zat kotor saja namun dapat menurunkan suhu tubuh yang tinggi dan membuat tubuh menjadi sering bergerak karena selalu mau ke kamar mandi, heheh. Cara itu cukup efektif dan berhasil.

    #6. Suasana sejuk dan kondusif

    Sudah pasti saat sakit/demam kita perlu istirahat dengan maksimal agar kondisi tubuh cepat membaik. Untuk istrahat yang maksimal kita tentu harus pada suasana yang sejuk dan kondusif, tidak terlalu dingin dan juga tidak terlalu panas, tidak terlalu ramai dan tidak juga terlalu sepi.

    Untuk menciptakan suasana yang seperti itu, sudah tentu keluarga yang melakukan nya.

    #7. Makan buah-buahan yang menyehatkan

    Mengenai makanan sendiri biasanya saat demam kita tidak mau memakan apapun apalagi makan nasi, namun untuk memakan buah-buahan sendiri kita masih sedikit mau walaupun tidak habis sekaligus.

    Semangka, jeruk, apel, anggur, dll, adalah contoh buah yang biasa dimakan orang di waktu sakit, dan pastinya sangat bermanfaat dan berpengaruh pada kesembuhan.

    Bagi Anda atau keluarga yang sedang sakit demam cobalah berdoa dengan melakukan cara atau tips di atas, dan cara di atas semuanya alami tidak ada hubungan nya dengan obat-obatan.

    Namun perlu di ingat apabila terjadi demam yang tinggi sebaiknya segera di bawa kedokter ahlinya untuk ditangani secara serius.

    Semoga bermanfaat, terimakasih.





    No comments:

    Post a Comment

    Labels

    Kontak Saya

    Name

    Email *

    Message *