• Terbaru

    Friday 13 January 2017

    Apa saja kandungan gizi dan manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh

    Buah yang sangat populer dan sangat mudah di dapat di Indonesia ini tidak hanya banyak jenis dan rasa saja, namun kandungan gizi serta manfaatnya tidak kalah banyaknya.

    Berikut kandungan gizi yang ada dalam satu buah pisang.

    Jumlah Per 
    Kalori (kcal) 88
    Jumlah Lemak 0,3 g
    Lemak jenuh 0,1 g
    Lemak tak jenuh ganda 0,1 g
    Lemak tak jenuh tunggal 0 g
    Kolesterol 0 mg
    Natrium 1 mg
    Kalium 358 mg
    Jumlah Karbohidrat 23 g
    Serat pangan 2,6 g
    Gula 12 g
    Protein 1,1 g
    Vitamin A64 IUVitamin C8,7 mg
    Kalsium5 mgZat besi0,3 mg
    Vitamin D0 IUVitamin B60,4 mg
    Vitamin B120 µgMagnesium27 mg

    • Kalsium
    • pisang sangat kaya akan kalsium yang baik untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan tulang.
    • Folat
    • Folat ini sangat penting untuk membentuk sistem syaraf otak pada bayi. Sementara untuk orang dewasa, folat tentu saja penting untuk merehabilitasi sel-sel syaraf yang telah usang.
    • Karbohidrat
    • kita bisa rentan kena maag jika telat makan, nah kandungan karbohidrat yang sangat besar pada pisang inilah dapat memberikan energi bagi tubuh. Buah pisang membantu perut kita agar tidak mual jika kita telat makan.
    • Kalium
    • Selain itu, orang yang kekurangan kalium rentan terhadap penyakit darah tinggi, stroke, dan kencing batu. Yang sangat penting dan tidak boleh dilupakan, kalium berperan untuk menjaga metabolisme fungsi otak.
      Kalium membawa suplai oksigen ke otak sekaligus menjaga kinerja syaraf agar mampu mengirim sinyal ke seluruh jaringan tubuh.
    • Vitamin C
    • Jika tubuh kekurangan vitamin C, ciri-ciri awal yang bisa dikenali adalah kita sering bersin tanpa sebab, pusing, lemah, dan kemudian disusul dengan demam. Jika itu terjadi dan dibiarkan saja, percayalah tubuh sangat beresiko terserang penyakit lain yang lebih serius.
    • Vitamin B6
    • Fungsi penting dari vitamin B6 adalah menyelamatkan kita dari serangan gagal jantung meski vitamin ini jugaa mutlak diperlukan sebagai suplemen bagi otak dan sistem syaraf tubuh kita.
    • Vitamin A
    • Vitamin yang satu ini baik untuk kamu-kamu yang suka salah lihat alias bermasalah dengan penglihatan. Tentu kamu kekurangan vitamin A selain juga sering melihat yang tidak-tidak. Pastikan kamu cukup mendapatkan asupan vitamin A agar tidak salah lihat.
    • Vitamin D
    • Fungsi dari vitamin D ini adalah untuk perkembangan tulang. Jika tubuh kekurangan vitamin D, resiko yang mungkin dialami adalah penyakit osteomalacia (tulang lunak) dan osteoporosis (pengeroposan tulang).
    • Vitamin K
    • Salah satu fungsi penting dari vitamin K ini adalah untuk mempercepat pembekuan darah ketika tubuh terluka. Vitamin K banyak dipergunakan di rumah sakit khususnya untuk membantu pasien yang dioperasi.
    • Mineral
    • Buah pisang kaya akan berbagai mineral penting untuk meningkatkan sistem imun tubuh seperti misalnya magnesium, zat besi, fosfor, tembaga, mangan, seng, flourida dan selenium.


    Kayanya kandungan gizi dan vitamin dari buah pisang tentu sangat baik bagi tubuh kita, lalu adakah lagi manfaatnya? sebagai berikut.

    Kandungan serat yang tinggi

    Untuk membantu pencernaan tetap sehat adalah dengan banyak mengkonsumsi serat yang bernutrisi seperti pisang. Saat BAB tidak teratur berarti tubuh dalam keadaan tidak baik, peran pencernaan dalam tubuh sangat vital dan juga rentan.

    Bila tubuh tidak sering di beri asupan serat yang bernutrisi maka dapat dipastikan akan mudahnya terserang penyakit.

    Meningkatkan sel darah putih

    Kandungan senyawa bernama Cytolicin yang ada pada buah pisang dapat meningkatkankan fungsi dari sel-sel darah putih.

    Darah putih adalah sel yang juga sangat vital untuk tubuh, bayangkan jika darah putih sudah tidak berfungsi lagi maka kekebalan tubuh akan melemah, dan seiring dengan itu juga penyakit dengan leluasa menyerang tubuh kita.

    Menjaga kesehatan mata

    Manfaat dari buah pisang tersebut tidak hanya dari dalam saja namun juga dari luar sperti mata, dan menjaganya agar tetap sehat.

    Vitamin A yang terkandung pada buah pisang diyakini dapat menjaga fungsi mata seperti membran mata. Dengan manfaat dari buah pisang tersebut ternyata dapat juga menghindari dari kebutaan.

    Dapat mengurangi stres

    Bagi yang mudah terkena stres karena pikiran dan pekerjaan yang begitu banyak di sarankan untuk memperbanyak makan buah pisang.

    Triptofan kandungan senyawa yang ada pada buah pisang, ketika diepaskan dalam aliran darah maka akan mengkonversi menjadi hormon yang baik yaitu serotonin, hormon serotonin dalam tubuh inilah yang menjadikan suasan hati menjadi baik dan mengurangi stres.

    Meningkatkan pertumbuhan dan pemerajaan tulang

    Tingginya kandungan kalsium, kalium dan vitamin D pada buah pisang tidak di ragukan lagi dapat meningkatkan ataupun membantu pertumbuhan dan peremajaan tulang. Sangat cocok untuk anak-anak yang dalam masah pertumbuhan.

    Merawat kulit kaki

    Pelembab alami yang terdapat pada buah pisang dapat merawat dan menghaluskan tumit kaki yang kering dan pecah-pecah. 

    Lembutkan buah pisang sebanyak 2 buah saja lalu oleskan pada kulit kaki yang pecah-pecah dan urut secara lembut lalu diamkan selama 10 menit, setelah itu bilas dengan air hangat. Kandungan pelembab pada pisang akan meresap pada kulit kaki yang pecah-pecah tadi.

    Menghaluskan rambut

    Untuk menghaluskan rambut tidak hanya menggunakan shampo saja, cobalah haluskan rambut Anda secara alami dengan menggunakan buah pisang.

    Lembutkan satu saja buah pisang kemudian campurkan dengan minyak almond atau menggunakan minyak kelapa, oleskan pada setiap bagian rambut dan kulit kepala, lalu pijit-pijit dengan lembut dan setelah itu diamkan selama 10 menit,
    lalu bilas dengan air bersih

    Sari dari buah pisang akan meresap dan memperbaiki batang rambut yang telah rusak, cara ini lakukan secara rutin agar rambut menjadi halus.

    Memutihkan gigi

    Manfaat kali ini terdapat dari kulitnya juga, bagi yang ingin memutihkan gigi secara alami cobalah menggunakan kulit pisang, dan caranya berikut ini.

    Mudah sekali, tinggal Anda gosokan saja bagian dalam dari kulit pisang ke gigi yang ke kuning-kunigan, lakukan secara rutin dan hasilnya dijamin gigi akan putih kembali dan terlihat segar.

    Menghilangkan jerawat

    Haluskan buah pisang dan jadikan masker pada wajah selama kurang lebih 15 menit, setelah itu bilas dengan air. Lakukan cara ini dengan rutin sampai jerawat hilang dan wajah akan menjadi bersih.

    Mengetahui manfaat serta kandungannya tentu akan rugi bila kita jarang mengkonsumsi buah tersebut.

    Semoga bermanfaat, Terimakasih.





    No comments:

    Post a Comment

    Labels

    Kontak Saya

    Name

    Email *

    Message *